Rahasia Mencegah Tekanan Darah Tinggi Jika Anda Hipertensi

Rahasia Mencegah Tekanan Darah Tinggi Jika Anda Hipertensi

Naodchudzanie – Hipertensi bakat yang berasal dari silsilah keluarga biasanya tidak terhindarkan. Tekanan darah tinggi dalam keluarga dapat meningkatkan risiko hipertensi hingga 4 kali lebih tinggi dari pada orang yang tidak hipertensi. Meski begitu, ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat mencegah tekanan darah tinggi muncul kemudian jika Anda mewarisi genetika orang tua atau kakek nenek Anda.

Faktor genetik memainkan peran penting dalam menentukan risiko hipertensi Anda. Menurut European Heart Journal, masalah tekanan darah tinggi dalam keluarga dapat ditularkan dengan risiko 30 hingga 50% ke generasi berikutnya, termasuk bahkan anak kembar. Namun, ada juga orang yang sangat berdarah yang tidak pernah menderita hipertensi seumur hidup mereka. Ini berarti bahwa mewarisi bakat hipertensi tidak otomatis, Anda akan ditakdirkan memiliki penyakit yang sama dengan leluhur Anda. Gen hipertensi lama dapat aktif dan berkembang ketika mereka juga dipengaruhi oleh lingkungan dan pilihan gaya hidup yang telah Anda alami sejauh ini.

Rahasia Mencegah Tekanan Darah Tinggi Jika Anda Hipertensi

Ada banyak cara untuk mencegah tekanan darah tinggi hari ini, yang juga berperan dalam membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Apa yang dapat di lakukan berikut ini :

1. Jangan lupa melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik adalah aktivitas yang membuat tubuh Anda aktif dan membakar kalori. Semua kegiatan ini dapat meliputi membersihkan rumah, pergi ke kantor, berpartisipasi dalam olahraga tim seperti futsal atau bulu tangkis dan olahraga aerobik seperti berjalan, jogging, berenang, dan bersepeda. Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Hypertension menunjukkan bahwa risiko hipertensi menurun hingga 34% pada orang-orang keturunan hipertensi yang berhasil menjaga tubuh mereka tetap bugar dari pada mereka yang jarang berolahraga.

The American Heart Association, sebuah yayasan kardiovaskular nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat, merekomendasikan agar Anda secara teratur melakukan 150 menit latihan intensitas sedang seminggu atau 75 menit seminggu untuk intensitas dan kombinasi yang intens. Anda dapat membaginya dalam 30 menit sehari selama 5 hari seminggu. Cara termudah untuk mulai bergerak lebih aktif adalah membiasakan diri berjalan. Mudah, murah, dan tidak berat!

2. Makan sehat dan kurangi garam

Garam adalah musuh di balik selimut. Inilah sebabnya mengapa orang yang berisiko tinggi hipertensi sangat stres untuk mengurangi asupan garam mereka. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan diet DASH (pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi). Diet DASH juga membantu Anda menurunkan kolesterol dan lemak jahat. Diet DASH telah terbukti efektif dalam mengendalikan tekanan darah tinggi dengan meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran dan biji-bijian. Sumber makanan sehat ini tidak hanya kaya serat dan vitamin, tetapi juga mineral kalium yang dapat menetralkan efek negatif garam pada tubuh. Orang dewasa yang sehat harus makan setidaknya 5 porsi buah dan sayuran setiap hari untuk menurunkan tekanan darah. Satu porsi buah atau sayuran biasanya sama dengan 80 gram atau satu tangan.

3. Berhenti merokok dan batasi alkohol

Rokok adalah penyebab penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung, yang sering dianggap remeh. Sekarang, menghindari dua hal ini adalah cara terbaik untuk mencegah tekanan darah tinggi jika Anda berisiko tinggi hipertensi karena faktor keturunan. Nikotin dalam rokok dapat merangsang kerja saraf otak yang berlebihan untuk menghasilkan hormon tertentu yang menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah Anda. Dalam jangka panjang, nikotin secara permanen dapat merusak pembuluh darah. Jika Anda tidak dapat berhenti merokok, temui dokter Anda segera untuk solusi yang paling tepat dan efektif.

Minum minuman beralkohol juga dapat meningkatkan tekanan darah. Di sisi lain, sebagian besar minuman beralkohol juga berkontribusi pada beban kalori dalam tubuh yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi alkohol dapat mengurangi tekanan darah sistolik hingga 3 mm Hg.

4. Jaga berat badan Anda

Berat badan Anda bisa memengaruhi tekanan darah Anda. Maka Anda harus mulai menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan. Mengurangi berat badan adalah cara terbaik untuk menghindari timbulnya tekanan darah tinggi di masa depan. Mengutip sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Hypertension, mengurangi berat badan Anda saat ini setidaknya 5 kg dapat sangat membantu untuk secara dramatis mengurangi tekanan darah. Selain itu, mempertahankan berat badan yang sehat akan memungkinkan Anda memiliki lebih banyak energi untuk bergerak tanpa harus memaksa jantung untuk bekerja sangat keras.

5. Jangan biarkan stres mengganggu

Stres untuk sementara waktu dapat meningkatkan tekanan darah. Tetapi jika Anda terus menumpuk dan tidak mengatasinya, kadar hormon stres yang berlebihan dalam tubuh dapat, dari waktu ke waktu, memicu hipertensi. Karena itu, segera atasi stres Anda sebelum menggerogoti tubuh dan pikiran Anda. Ada banyak cara murah untuk menghilangkan stres. Dari olahraga, mendengarkan musik, menonton film, bermeditasi di tempat yang tenang atau tidur siang. Pilih apa yang Anda suka dan dapat menikmatinya dengan santai.